Thursday, October 25, 2012

Generasi langit #1 Elang Fajar Rabbani



Senja tetap saja jingga, tapi selalu saja berbeda. Selalu saja mampu membuat gw ngin berdiri lebih lama menatap jingga yang melumer lembut di tepian langit. Hanya memandangnya menunggu hingga panggilan sholat berkumandang, menjawab tiap panggilan lalu mengucap banyak harap setelahnya..di antara adzan dan iqomah..dalam-dalam.. Kesempatan yang sayang sekali terlewat. Kesempatan berdamai dengan diri. Satu titik di mana gw selalu merasa lebih dekat dengan Yang Menciptakan dua senja, dua senja yang sedang saling bertatap. seperti saat ini.

“Hei..Gadis abang..udah mau maghrib, kerjaannya nongkrongin jendela. Setan-setan pada lagi berkeliaran itu..Ntar pada terpesona liat kamu loh..”
suara –yang entahlah bagaimana caranya selalu memaksa gw tersenyum mendengarnya- berhasil membuat gw selingkuh dari si senja, menoleh ke belakang, menangkap sosoknya persis di depan pintu kamar.

Ah. Ya. sosok itu. hanya lebih tua dua tahun, tapi sepertinya kalau bunda cek mental age lelaki ini, mungkin usianya 7 tahun di atas gw. Oh. Well. Mungkin abang gw ini bukan tipe cowo ganteng keren nan populer di sekolah sebangsa anak basket di sinetron-sinetron gitu. *Eh. Btw, emang anak basket di dunia nyata itu terkenal beneran ga sih. haha* Siapalah yang kenal abang gw ini. bapak satpam sekolah, bapak ibu kantin, emang-emang yang lagi renov bagian depan sekolah, lebih dari setengah guru di sekolah, semua penghuni setia deretan eskul juga rata-rata tau lah abang gw, seengganya pernah denger namanya, dan yang pasti anak-anak yang hobi ‘nongkrong’ di mesjid buat ngaji atau sekedar ngobrolin negara dan umat. See? Ternyata abang gw terkenal! sekali lagi abang gw bukan anak basket. Bukan kok. Terus kenapa abang gw bisa seterkenal itu? gimana bisa cowo yang lebih suka ngotak-ngatik eksperimennya di garasi atau dapur rumah terkenal? cobalah berjalan ke sekolah bersama abang gw barang sepagi. Satu jam sebelum masuk, abang gw sudah ada di depan gerbang sekolah. Tidak pernah absen menyapa yang setia menjaga gerbang, lalu ngobrol-ngobrol sama emang-emang renov yang sudah seminggu bertugas di sekolah, lalu masuk kelas yang masih kosong dan mulai membuka barang yang dibawanya, membaginya sesuai pesanan atau yang biasa dikirim ke masing-masing pelanggan. Masih ada 45 menit untuk mengantarnya ke meja guru, ke deretan sekre eskul, ke sekolah-sekolah lain yan dekat dengan sekolah. Moon Cake. Ya setiap pagi abang gw mengantar kue ini kepelanggan-pelanggannya. Tidak lupa dengan sisipan kata-kata mutiara khusus di setiap kotak. Dan siapa yang ga tau moon cake-nya abang gw? Mengalahkan kepopuleran anak-anak basket lah pokoknya! Itu cuma sebagian kecil tampias-tampias kehidupan seorang lelaki yang sangat amat gw hormati itu. yang diam-diam sering membuat gw iri. maka keterkenalan di dunia menjadi tidak ada artinya buat gw. Cuma akibat kecil. Efek samping. Dia. Lelaki ini adalah seperti cahaya pertama matahari pagi. Harapan. Semangat. Dan Inspirasi. Maka gw tidak putus berdoa semoga namanya ramai diperbicangkan penduduk langit atas pesonanya. Fajar Elang Rabbani.

“Tuh kan. Sekarang malah melamun. ..bening?”

“Eh? Haha. iya nih bang. Tadi abang bilang apa? terpesona ya? kalau maghrib ini ada yang harus terpesona.. itu ada di hadapan abang sekarang..sedang terpesona dengan…….”
Lelaki itu menatap,menunggu.
“ dengan..baju baru abang…”

Selanjutnya gw lupa dengan si senja dan gw ga jadi gombal gara-gara beneran tertarik sama baju barunya abang. Dan seperti biasanya jadi nona-nona heboh kayak ga pernah liat baju.

“huaaaa..abaaaang.. beli baju baru yaaa..berita besar ini! Bagus loh bang bajunya! Abang banget deh!

Sambil narik-narik kemeja biru toska dengan motif dau melintang di dada kiri.
“bentar ya bang. Ade mabil hape dulu.harus diabadikan! Hahaha”
“ade kayak ga pernah liat kemeja deh”
“bermilyar-milyar kemeja di dunia bang.. kalah mempesona deh sama kemeja abang yang ini. Dalam rangka apa nih bang beli baju baru? Ciee.. yang usahanya udah mulai ada hasil nih yee.” Sambil ngobrak-ngabrik tas nyari HP. Ini mana deh ya HP.
“ di paksa bunda, nona.. diancam dibeliin baju kalau dalam minggu ini ga beli baju baru.”
“hahahaha. Yeah! Cuma bunda emang wanita yang bisa menaklukan hati abang. Hahahaha. Ih! HPnya ade mana deh”
Lalu lelaki itu tersyum menggoda, “ Ada dua, yang satunya di depan abang, bening…”
Bening. cuma abang yang manggil saya pake nama tengah ini. dan sampai saat ini cuma boleh abang.
“ kalau abang minta ditraktir es krim. Ga mempan bang!”
“yey! Emnagnya kamu. Nona es krim. Haha. abang berangkat ke dulu ya.. wudhu lah bening..sebentar lagi adzan. “
“siap bang!”
“oia, coba cek HP ade di jendela tadi. Biasanya kan begitu..assalamu’alaykum”
“wa’alaykumsalam warohmatullah.”


Menatapnya berlalu dibalik kelam. Ah, dia. Kemeja baru pertamanya setelah dua setengah tahun terakhir ini. Sungguh, ayah sama bunda bisa banget beliin keperluan-keperluan abang. Tapi semnejak kakinya melangkah di hari pertama masuk SMA, abang gw bertekad untuk memenuhi keperluannya sendiri kecuali tempat tinggal dan makan. Setelah diskusi panjang malamnya sekeluarga. Akhirnya ayah sama bunda ngizinin dengan catatan ayah sama bunda tetap ngasih uang saku dan nominalnya terserah ayah dan bunda. Sejak itu pula abang gw jadi rajin denan eksprerimen-eksperimennya di dapur dan garasi mobil. dari kue sampe ke IT. herannya abang tetep bisa ikutan geng rohisnya ngurus berbagai agenda di sekolah dan tetap bisa mempertahankan berada di peringkat lima besar murni tanpa nyontek-nyontek pas ujian sampai semester ke limanya ini. Hari itu, hari pertama abang berangkat sebagai anak SMA kelas 1. Abang mencium tangan bunda takzim seraya meminta restu,“bunda.. abang sayang sekali sama ayah, bunda, bening, dan rinai.. dan abang tidak perlu mempertanyakan besarnya sayang bunda sama abang. Abang mau minta tolong satu hal sama bunda, boleh? Izinkan abang berusaha menjadi seperti doa ayah dan bunda buat abang. Elang Fajar Robbani."
--

*PENTING! ini cuma fiksi kawan! :)*
kristal violet

5 comments:

  1. Lah nulis novel aja Nis, cocok itu dijadikan profesimu, sambil melarikan diri. ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. profesi yang ga cocok buat gw itu di sim ya dik? :p

      Delete
    2. siapa bilang. katanya lo mau belajar. lo udah punya beberapa bukti kok.
      lolos ICCP UNY 2012
      finalis LKTI Untan 2012 keren kan

      Delete
    3. hahaha.. iya bapak..#daripada diomelin

      ituh juga berkat bapak paksa..paksaaa..kalau ga..saya cuma nulis sesuatu yang ga penting macam blog ini. haha..

      Delete
    4. bahasamu Nis Nis, gw serasa jadi orang yang sangat tua.
      Dasar gadis aneh lo.

      Tapi ga pa pa ding. SIM butuh prototip orang kayak lo kok. Ha ha ha

      Delete