Sunday, October 21, 2012

alpha canis majoris


kamu tahu apa yang selalu menarik darimu?
karena Allah mengizinkanku menemukanmu di saat yang tepat.
untuk itulah aku mempercayaimu dalam banyak hal. walau perjumpaanku tak lebih lama dari hilangnya hamparan angsana kuning terbawa angin atau tersapu hujan.

sebenarnya sederhana.
kamu hanya memberikanku cermin.
membiarkan aku sendiri menemukan banyak jawaban.
karena dalam banyak hal, kamu tahu bahwa jawabannya adalah aku.

sangat sederhana.
hanya segelas air putih. sama sekali bukan minuman mahal. sekali duduk lembaran biru atau merah menjadi hak orang lain.

seperti juga merasai hujan malam di tepi beranda. mencium wanginya dalam-dalam. dan satu-satu rintik menyentuh lembut telapak tanganku. satu-satu. baik sekali bukan Allah. pernah terbayang berliter-liter air begitu saja tumpah? semua dengan takaran sempurna.

mungkin kamu tidak sengaja.
memberikan aku ruang menjelajah semesta.
lalu membiarkanku menapak banyak tempat, banyak kata, banyak hikmah.
ketidaksengajaan yang sederhana juga bukan? kamu hanya membuka pintu..menyuguhkan air putih..dan membiarkanku berjalan-jalan..

dan mungkin juga kamu tidak sadar.
bahwa aku kembali sadar. ah. ya mungkin belum sepenuhnya. bahwa kita hanya perlu melangkah. dengan sebuah kepercayaan. pada sebuah janji yang tak pernah ingkar.
bahwa semua mimpi butuh kata memulai.

kamu tahu kenapa gemintang jadi sangat megah? kristal-kristal berkilau yang menggantung di payung bumi. karena dia ada di saat yang tepat. sama juga seperti matahari yang membersamai teduhnya langit biru.. saat yang tepat. takaran yang pas. dan tentu sebuah syukur dan prasangka baik.
sebuah kesederhanaan seringkali menjadi rasa yang mahal.

ah ya. kadang2 dalam perjalanku aku menemukan jalan buntu. lebih tepatnya aku kira buntu. lalu kamu tersenyum seperti biasa. bukankah kita hanya perlu membalik badan kita, hey masih ada jalan bukan. haha. atau bisa saja keajaiban terjadi.lalu tring! ada pintu rahasia di ujung jalan yang -kukira- buntu.

ya. kita memang tidak perlu memaksa harus seperti ini. seperti itu. memaksa menganggap hal itu baik untuk kita. lalu meraung-raung seperti anak kecil batuk pilek merengek minta makan es batu. itu enak. pokoknya aku mau. tapi tidak selalu baik kan?

lalu kamu juga -dengan tidak sengaja pula- menyentakku suatu saat. membuatklu berhenti sejenak. ya. bukankah keikhlasan adalah cinta yang membebaskan? berlepas diri dari yang tidak hakiki. menjadi lautan ketenangan yang syahdu. meski aku masih tertatih mengeja makna ini. ikhlas.

pejamkan matamu. bayangkanlah tempat seperti apa yang ingin kamu temui di ujung jalanmu. di tempat istirahatmu. bersama orang-orang yang kamu cintai. yang saat ini sedang berada di sampingmu. atau mereka yang mungkin telah mengintip pesona surga. kemudian hadir sebuah kebahagian tertinggi di tempat itu. ya, aku tahu. kamu bahkan tidak sanggup membayangkannya keindahannya kan? sekalipun telah banyak tertuang pada harta karun paling berharga milik kita.

pejamkan matamu. ah. betapa seringnya kita mengeluh. atas apa? segarnya udara yang kita hirup sekarang? atau suara gemerisik lembut dedunan? atau angin yang mengusap lembut hati kita? kadang-kadang ada banyak hal yang bisa kita lihat dengan mata tertutup.dengan hati terbuka. begitu tidak?

lalu sekarang,
bangunlah dengan senyum paling indah. sekelebat hidup ini terlalu sempit untuk menggerutu ini dan itu. pada akhirnya kita tau muara kita. pada akhirnya kita tau untuk apa kita. maka sayang rasanya meninggalkan sejengkal saja sungai kehidupan tanpa kebaikan, ya?

haha. kamu pasti tau. aku sedang berbicara pada siapa kan?
pada diriku sendiri.
seperti biasa.
kamu hanya memberiku cermin.

ya. kadang2 aku egois ya?
berceloteh apa saja. bertanya apa saja. lalu tiba2 menjawab semuanya begitu saja.
haha. sangat kekanak-kanakan.

pada akhirnya.
menemukanmu adalah mengantungi sinar pertama mentari di tepi langit pagi.
hari yang siap menggarap ladang dengan benih2 terbaik untuk panen paling memukau.

Allah Maha Baik.
semoga suatu hari bertemu dengamu di atas menara cahaya.lalu saling menyapa dengan ucapan terbaik dan wajah berseri.

asslamu'alaykum warrahmatullahi wabarokatuh.

--semoga selalu dalam rahmat-Nya :)

No comments:

Post a Comment