Friday, September 28, 2012

hewan juga makhluk hidup (??)



ceritanya saya sedang merindukan kelincinya temen saya.. saya kangen berat ngejar2 kelincinya.. ngelus2..gendong2..atau jenis *penyiksaan* lainnya.
saya tahu nasib kelinci itu bertemu saya sangat tidak baik..pok.pok.#tepok2 kepala kelinci.
tapi gimana lagi saya terlanjur sayang sama kelinci itu. sabar ya.

terus saya juga jadi kangen sama tata dan riri. hamster kado ulang tahun temen2 saya yang menginginkan saya jadi ibu yang baik (??). huks. nasib mereka jauh lebih tragis lagi. pertama, karena saya cuma berani ngelus doang..ga gendong2..rasanya geli karena kaki mereka kecil2 banget..jadi sesuatu lah kalau mereka jalan di tangan kita..dan alasan lainnya adalah karena mereka berkenalan dengan cara menggigit. bzzzzt. tapi bagaimana pun. saya juga sayang sama mereka.
hal kedua, yang membuat nasib mereka tragis adalah.. suatu hari saya memindahkan mereka ke dalam wadah yang lebih besar..biar bisa maminan ceritanya.. tapi wadahnya ga ditutup..biar ga pengap juga ceritanya.. dan saya pulang dengan mendapat berita duka :(
tata mati T.T tragis banget.kepala tata 'hilang' sepotong. di makan kucing yang masuk kosan gara2 jendelanya ga ditutup. T.T terus riri jadi ketakutan..dia diem aja dipojokan.hari2 riri jadi sepi.maklum mereka bersama sejak kecil.ga lama kemudian, riri jatuh sakit.. ya ampun sakaratul mautnya serem banget T.T saya nangis nemenin dia jam 2 malem. sedih banget ngeliat dia sesak2 nafas.dia kayak pengen teriak tapi kecekik.saya bingung harus ngapain.saya selimutin walaupun saya tau itu sama sekali ga ngebantu dan saya juga jadi ngebayangin masa2 sakaratul maut..Ya Rabb.. akhirnya, riri meninggal dunia kira2 setengah jam sampai sejam setelah dia ga bisa gerak dan sesak2 nafas.huks. semoga tata dan riri bisa main2 lagi bersama. huks.
sejak itu ga ada lagi yang nemenin saya lembur di kosan. yang berisik muter2 di mainan waktu saya tidur.huks.

saya juga jadi inget. waktu saya masih kecil. saya punya banyak ayam di rumah. lebih dari lima ekor (saya lupa tepatnya berapa) itu ayam kate yang kecil2 tapi suka 'terbang2'.ayah saya bawa waktu pulang dari kalimnatan.selain itu,ada satu ayam jantan biasa. tapi saya paling sayang.
suatu hari satu per satu ayam katenya mati dengan tragis..matanya ilang satu, lehernya terkoyak dan semacamnya. ternyata mereka di makan musang. tapi saya ngerasa biasa aja. sampai pada suatu ketika ayam jantan biasa saya sakit. ga tau sakit apa. dan dia mati. :(

dan ternyata dia dibuang ke sungai..apa ke mana gitu pokoknya dibuang..T.T huks. itu sangat kejam bagi saya..dan pada akhirnya dengan mata berkaca-kaca nahan2 mau nangis.. saya ngadu2 sama ibu saya..
"kenapa ayamnya dibuang?? mamah coba deh bayangin..mamah ga mau kan kalau meninggal dibuang? *ini adalah kata2 yang ga sopan. parah. tapi saya waktu itu emosi T.T* kenapa ayamnya ga dikubur aja?? kenapa dibuang??kenapa??"

kayaknya ibu saya mengerti perasaan saya. jadi ibu saya cuma senyum aja. mau ketawa tapi kayaknya kasian gitu sama anak perempuannya yang berasa patah hati (??).
terus saya jadi inget iklan "jadi ayamku??"

ah..kalau ini diterusin saja jadi inget semua hewan peliharaan saya T.T
ikan nila saya yang mati gara2 ga sengaja berada di ruangan yang disemprot baygon banyak banget sama ayah saya.

atau ikan2 warna-warni, terutama black ghost yang dikasih ke orang gara2 akuariumnya bocor. dan udah repot ngurusin lagi.

atau ikan-ikan kado ulang tahun selanjutnya yang mati gara2 saya tinggal di kosan beberapa hari karena nginep2 dan saya belum sempet beliin oksigen gelembung2 udara itu buat akuariumnya yang sempit.mereka khabisan oksigen nampaknya.

dan banyak lagi..

:(

jadi inti postingan saya yang penting ini. mungkin memang.. lebih baik hewan2 itu kembali ke alam saja daripada terkungkung di rumah. dan kehilangan fitrahnya :( atau mati dengan tragis. :(

kecuali hewan2 ternak atau yang emnag buat dimakan kali ya.

ah, pada intinya saya taruma memelihara binatang. saya takut mereka mati gara2 saya yang zolim saya mereka :(

kemudian saya akan lebih suka..
bercengkarama dengan kucing di pinggiran jalan..
memandang cantiknya ikan2 warna warni langsung di laut..
atau melihat saat2 penyu2 dilepas dari penangkaran..
menemukan mereka di tempatnya masing2.

kalau kalian mau pelihara hewan..plissss. jang dikurung2 gitu.. kasian :(
terus ajarin mereka biar bisa cari makan sendiri..
biar mereka bisa ga selalu tergantung sama kita..

sekian.

*dan sampai detik ini sekalipun anjing adalah hewan yang katanya setia. saya tetep ga berminat sama anjing -__-" meskipun mereka nge fans berat sama saya. sampe ngejar2 saya. mungkin mau minta tanda tangan. maaf. saya sibuk, anjing. -_-a

4 comments:

  1. Ha ha ha, postinganmu yang ini bikin gw pusing dan makin tidak mengerti.

    Nisaa Nisaa, ada ada aja deh kisahmu.

    Oh ya, biar tulisanmu ada SPOKnya coba deh mulai dengan memulai dari huruf besar

    ReplyDelete
  2. tapi citra jago nulis skripsi kok, dik. tenang aja.. dia bisa kok sbnernya.

    ReplyDelete
  3. Citrah....terima kasih sudah membuat daya ngakak dini hari, haha *buat refreshing setelah mikirin abang filsafat

    ReplyDelete