Monday, August 6, 2012

d'inspiration #edisi Sekolah Alam Bengawan Solo


gambar dari http://mengapaharus2012.files.wordpress.com

Susahnya jadi orang seperti saya adalah saya susah menghentikan pikiran yang meloncat-loncat ketika sedang excited sama suatu hal. Kemana mana..mau ngapain.. jadi kepikiran terus.. jadilah saya harus ‘menumpahkannya’..ntah dengan ‘ngerusuhin’ orang-orang terdekat saya.. ditulis walaupun cuma coret-coret. Apapunlah yang bisa naro isi kepala saya yang amat random.

Dan masalahnya lagi ketika pikiran random ini meloncat loncat menimbulkan ‘arus’ dari sinapsis satu ke sinapsis yang lain dalam tema yang sama saya jadi suka ga fokus ngerjain yang lain gara2 terlalu excited sama satu tema tertentu..
Ah, sekalipun saya paham benar betapa pentingnya sesuatu tersebut untuk segera saya selesaikan (sebut saja misalnya SKRIPSI).

Kemarin..waktu kepala saya lagi dipenuhi tentang kata adik.. mulai lah pikiran random saya bekerja. Dari mengingat adik satu ke adik lainnya.. sampe merumuskan apa aja yang bisa saya lakuin di sini di situ.. membuat bayangan tiga dimensi mau ini mau itu.. dan akhirnya semua berakhir sampe pada saya –ga bisa ga- nangis waktu pikiran random saya mulai berulah dengan tiba2 inget..

“ ya ampuun.. gw mikirin ini itu buat adik2 gw di sini.. adik gw di sana gimana? Sama siapa di nanya kalau ga ngerti..curhat masalahnya.. siapa yang ngajarin adik gw mulai dari hal2 yang kecil dari toharoh sampe adab pergaulan.. ini amanahnya siapa coba? GW kan? Huks T.T tapi apa yang gw lakukan selama empat tahun ini ninggalin adik gw?? Semakin jauh..Beginilah kalau bersaudara berdua.. adik gw ‘sendirian’ di rumah. Apakah dia mendapatkan lingkungan yang sama kayak gw smp atau sma dulu? Gmana temen2 adik gw? Dan banyaaaak lainnya. (sampe gw mau nagis lagi sekarang .huks”

Ga boong deh.. sesuatu banget rasanya kalau kamu ngelakuin sesuatu buat ‘orang lain’ tapi kamu ga (atau belum) melakukan hal yang sama atau malah lebih baik buat keluarga kamu.. itu rasanya.. tidak bisa didefinisikan. huks.

Terus apa hubungannya dengan postingan ini??

Haha. Intermezo yang kebanyakan.

Baiklah kita mulai…
Jadi ceritanya, otak random saya lagi bekerja semena mena lagi. Dan untuk membuat saya lebih fokus pada kuadran kesatu dan kedua dalam time management saya. Mau ga mau . suka ga suka. Harus saya keluarin. Kalau kamu mau melanjutkan silakan. Kalau menyerah sekarang, saya sangat maklum. :)

Okey, semuanya berawal dari adik tingkat saya di organisasi sebuat saja SIM UNS ngajakin saya ke sekolah alam bengawan solo.. mereka mau observasi buat KTI gitu.. dan sekaligus nyari inspirasi..

kenapa mereka ngajak saya? Haha. Pertama karena mereka kira saya pernah ke sana dengan nagsih alamat lengkap beserta ancer2nya. Padahal saya cuma hampir pernah ke sana gara2 survey penelitian. He. Kedua, mereka mikir saya dekat dekat dengan pak Indrawan Yepe yang mereka kira sebagai pemilik SABS. Untuk masalah kedekatan..he. saya ga berani jawab. Tapi kalau masalah SABS ini punya pak Yepe.. sebenernya menurut info, pak Yepe di sini sebagai penasihat gitu lah.. dan saya sungguh bukan siapa2 -.-“

Tapi saya luluh juga melihat keseriusan mereka..
Sebagai kakak yang baik hati dan tidak sombong akhirnya saya ikut ke sana.. sekalian nyari inspirasi juga..

Berangkatlah kami dengan modal sok tau (ga tau jalan), alhasil perjalanan yang cuma membutuhkan 45-60 menit itu kita tempuh selama 120 menit a.k.a 2 jam! Gara-gara bolak balik nyasar..

Sampailah kami pada sebuah tempat yang kami pikir adalah sekolah alam tersebut. Sebuah lokasi di ujung desa gondangsari..persis disebelah Bengawan Solo..Arena itu punya beberapa saung yang dibuat seperti rumah panggung..beberpa ayunan kayu ada di tamannya.. ada juga kolam ikan dan kebun kecil yang kemaren ini mereka Tanami cabai dan terong lalu dijual bersama oleh anak2 kelas 1 SD.

Dengan wajah celingak celinguk akhirnya kami nyamperin sebuah perpus di sekitar arena tersebut. Tara! Setelah mengucap salam.. mas yang lagi nemenin adek2 di sana menjawab salam sambil nyuruh semua anak di sana salaman sama kita. Yeah! Sepertinya kita berada di tempat yang benar. Akhirnyaaa~~

Kami diminta duduk di sebuah saung di depan perpustakan tersebut..
Mulailah kami berbincang dengan pendiri SABS ini..Pak Yudi namanya dan Mas Jefri guru sekaligus humas di sana. Dan saya cukup terharu mas jefri masih inget aja kalau saya hampir mau ke sana..padahal itu beberapa bulan yang lalu.

Jangan dikira pembicaraan kami dimulai dengan banyak sapa basa basi malu-malu
Kami cuma kenalan bentar dan setelah itu Pak Yudi yang sederhana memulai diskusi tentang banyak hal terkait pendidikan..mulai dari pemerintahan.. konflik2 PKMB dan dinas pendidikan..bapeda..proyek bisnis pendidikan.. korupsi.. pendidikan karakter.. masalah paradigma masyarakat.. banyak banget lah.. diskusi yang manarik :)

Tapi terlalu rumit kalau saya tuliskan semua di sini.haha

Mas Jefri yang di tengah diskusi izin ngajar.. datang kembali dengan adik2 unyu murid2nya.. dan ini sebuah inspirasi buat saya.

Insprirasi#1 Sekolah ‘semacam’ ini, tidak membuat jarak’ antara guru dan murid.. mereka dekat layaknya kakak dan adik.. orang tua dan anak..

dulu waktu saya masih unyu2 juga. Ga akan deh itu guru ngelus2 kepala saya waktu saya nanya atau menjawab pertanyaan misalnya.. Ga akan juga kan say ketika itu berani duduk manis di pangkuan guru dan semacamnya. INi di sekolahan loh. Hal2 semacamitu apresiasi kecill sekaliiiii tapi juga berarti sekaliii.. murid2 itu tidak segan bertanya apa saja.. tidak segan pula cerita apa saja.. bahkan tentang kepalanya yang ‘benjol’ atau menanyakan kata2 yang ga mereka ngerti waktu mendengar diskusi kami semacam “Pak. Apa itu ngotot?” dan percayalah mereka ga bakalan dimarahin gara-gara nanya-nanya kayak gitu..

Sehabis diskusi dan sholat zuhur di masjid.. sebenernya jadwal belajar anak2 udah abis..hanya saja..mereka memang dikondisikan sampai sore dengan agenda yang lebih bebas..main..baca buku..belajar iqro atau Al Quran..menurut penuturan mas jefri.. dia sengaja ngotot minta anak2 pulang sore waktu kesepakatan awal sekolah .. waktu2 tersebut adalah waktu2 potensial anak.. ketika mereka pulang ke rumah dan orang tua mereka bekerja.. tidak ada yang mengontrol kondisi anak berada dalam situasi yang kondusif.. jadilah anak2 diminta tetap di sekolah sampai agak sore..
ada kejadian menarik lagi setelah makan siang berlangsung.. (yang makan itu anak-anaknya.he) ada jadwal piket cuci piring..

Inspirasi #2 dari kecil mereka diajarin bertanggung jawab loh. Tau tugasnya masing-masing..pembagian peran.. bahkan cuma lagi2 hal kecil kayak gini aja adalah sebuah pembelajaran.

Selanjutnya sambil ‘ngerusuhin’ anak2 dengan kertas origami (untungnya walaupun saya itu mahasiswa yang tak lagi muda.. isi tas saya adalah selain bawaan mahasiswa lainnya sperti laptop, quran, buku notes, beberapa buku ‘terpilih’ seperti dapus skrispi -.-“,tempat pensil dengan isi pulpen warna warni, pensil, penghapus, gunting, flash, dan modem jga terdapat barang2 gazing semacam buku gambar dan kertas origami! Kadang2 bawa kertas paper quilling kalau saya bakal rapat dan saya tahu saya akan bosan :p berguna juga kan.he)

Kembali ke topik. Sambil ngerusuhin anak2. Saya ngobrol2 lagi sama mas jefri.. tentang buanyak hal..saya langsung rangkm aja beberapa hal yangs aya dapet deh yaaa.

Inspirasi #3 saya sungguh salut sama kerja keras mereka untuk pendidikan. Walaupun banyak halangan rintangan.. mulai dari pendanaan..mayarakat yang belum mendukung.. pemerintah. Dan lain sebagainya.. selama 1 tahun ini (SABS baru satu tahun berdiri loh ^^) mereka progress luar biasa menurut saya :) masih banyak yang kurang? O. tentu saja.. tapi, insyaAllah sebuah langkah yang baik. Mereka MEMULAI..lalu berikhtiar. berdoa. dan bertawakal.


Oia, konsep sekolah ini kemaren jadi juara 1 di Mongolia loh :) dan mahasiswa yang presentasiin mau berangkat lagi ke Taiwan buat presentasiin ini. Semangat ya!

Inspirasi #4 saya sungguh menghormati ketulusan mereka memberi :) apa coba sih yang mereka dapet? Ga pangkat. Ga jabatan. Kadang2 masih perlu nombok pula karena ada adik yang tidak sanggup membayar SPP dan lain2. Saya sungguh menghormati cara mereka memperlakukan mimpi mereka..menghormati idealisme mereka untuk membuat pendidikan yang integral.

Inspirasi #5 mereka belajar untuk melihat bahwa setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda. Dan saya sangat menghargai usaha mereka untuk itu. Mereka bukan orang2 berlatar FKIP (hayoo..anak FKIP pada ke mana hayoo?^^) mereka butuh effort lebih untuk belajar dari 0 tentang pendidikan itu sendiri. Dan mereka sungguh BELAJAR.. Mas Jefri sempat menceritakan hasil ‘observasinya’ tentang bebrapa anak. Ini hasil usaha belajar yang baik bukan? :)

Oia, kalau mungkin yang baca di sini ada yang mau bantu di sana bisa loh..caranya:
1.Dengan jadi guru tamu khususnya di hari jumat di sabtu.. apa yang diajarin? Boleh apa aja kok.. yang baik2 pastinya .hehe.. kayak ekstrakulikuler gitu laah.
2.Bisa juga loh nyumbang tulisan ke redaksi SABS.. lewat FBnya..atau email.. SABS punya buletin gitu.. terus lagi mau buat buku jugaa :) yang isisnya mulai dari tulisan2 guru, murid, sampe mahasiswa yang punya ketertarikan di sekolah alam khususnya SABS.
3.Oia, bisa juga bawa pohon2 atau bunga2 gitu kalau ke sana..SABS lagi mau nambahin ‘penghijauan’
4.Buat penelitian, karya tulis juga bisa bangeeet.
5.Kalau ada ide2 wirausaha..khususnya sosial enterpreuner gitu bisa juga tuh kirim ke SABS,,
6.Dan terakhir..mas jefri bilang..kalau kalian mau.. bikinlah sekolah2 sseperti ini di mana pun kalian berada.. Oia, beliau punya konsepan juga tuh buat di Solo. Sekolah Alam moving class. Ada yang tertarik? :)

Dan sebenernya masih banyak lagi inspirasi yang saya dapatkan dari hasil ngobrol2 dan observasi. Pikiran random saya tadi juga jadi ga berhenti mikir tentang cita2 saya sendiri untuk punya sekolah.. konsep2 acak2an di kepala.

Ya Allah..semoga suatu saat terwujud. Mohon doanya ya kawan2.

Ini udah sangat kepanjangan. Walaupun masih amat sangat banyak yang ingin saya ceritakan. Saya yakin kalian sudah bosan atau malah sudah menyerah di awal.ho.
Pikiran random saya sudah mulai kelelahan juga meloncat loncat. Spertinya saya sudah bisa fokus mengerjakan yang lain.

Terimaksih sudah repot2 membaca :)

Saya akan menutupnya dengan sebuah pesan dari seorang lakilakibaikbaik (percaya deh saya agak terpaksa nulis dengan nick ini :p)
“Saya percaya dari sekian banyak permasalahan ummat, krisis yang melanda negeri, pasti bisa diatasi selama masih ada orang-orang yang mau memberi perhatian pada dunia pendidikan :)”

--yang semakin suka dan suka dengan ranah ini—
nisa as kristal violet.

*seperti biasa mohon maaf kl banyak yang salah ketik. Saya punya typo yang cukup parah :)

8 comments:

  1. Anak FKIP pada sibuk nyari les-lesan yang mau ngebayar

    Cari sekolah yang kerjanya dikit bayarnya gedhe

    Cari sekolah negeri yang banyak tunjangannya

    Ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pernyataan jujur dari seorang anak fkip apa gmana? :) hehe.

      soalnya kemaren juga adik2 yang ikut barengan aku itu..bilang hal yang mirip2..sekarang mah pada nyari sertifikasi aja mba..

      semoga tidak dan sangat yakin tidak semua seperti itu.. semoga masih banyak anak2 FKIP yang menyadari betapa mulianya jadi seorang guru daripada sekedar sertifikasi atau sebatas ngerjain LKS..

      kalau anak FKIp yang ini mah udah di take jadi pejabat ya? #eh

      Delete
    2. Apa maksudmu?

      Delete
  2. anak FKIP mungkin terlalu memahami teori dan sangat paham realitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan teori sehingga membuai para siswanya

      menurut pak Eko Prasetyo

      Guru bertipe jadul "Anak-anak, negeri kita itu kaya, nyiurnya melambai dan indah permai"

      Guru bertipe aneh "Anak-anak, negeri kita itu kaya, makanya penjajah pun suka, dijajah pun tetap kaya, bahkan setelah merdeka pun kita masih minta dijajah lagi, ternyata dijajah itu mengasyikkan ya!"

      Guru yang kusuka "Anak-anak, negeri kita butuh pejuang-pejuang seperti kalian, muda, luar biasa. Jadilah jenderal Soedirman untuk hari ini, jadilah Soekarno-Hataa, jadilah .... Dan, mari kita buka pelajaran hari ini dengan harapan baik untuk negeri"

      Delete
  3. ijin kopi buat nambah tebal buku cerita akhir tahun SABS yo... !! sedikit di edit tentunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampuunn. ini postingan ga mutu banget mas :(
      harus diedit semuanyaa.. :(

      soalnya saya kalau nulias di blog ya begini ini.. saya edit dulu aja ya mas :( biar agak mutu

      Delete