Friday, April 27, 2012

Androgini???



*random*

Peringatan awal!
Ini cuma pembicaraan ga penting yang ngelanjutin tulisan ‘weird me” tentang analisis saya sendiri… hahaha. Narsis banget yak…ga tau deh.. jadi orang yang kuliah di psikologi itu emang jadi seneng nganalisis orang..termasuk mengujicobakan dan melihat lebih dalam diri sendiri..
Walaupun ga penting. Tapi berhubung ini ‘rumah’ saya..jadi gpp deh yaaa.. haha.tidak dipaksa untuk menyimak.

Akhir2 ini salah satu poin keanehan saya yaitu paradoks semakin bertambah..
Di sesi weird me yang pertama ada poin yang menceritakan betapa paradoks nya diri saya.. Kalau kemarin penekannya pada Seperti anak kecil VS Keibuan atau Balita VS Dewasa yang sama2 menonjol walaupun di sisi yang berbeda..

Sekarang saya semakin menyadari (karena beberapa peristwa dan pengakuan anak2 kos atau partner kerja) ada dua antonim yang juga dua2nya dominan pada diri saya. FEMININ VS MASKULIN.

ANDROGINI -- Kalau kata adik kos saya (yang juga anak psikologi).
Haha. Sejujurnya saya baru tau kata androgini aja pasa adik kos saya komnetar—ga gaul amat dah saya di dunia perpsikologian—
Terlepas dari apakah sebenarnya saya androgini atau bukan..saya jadi tertarik sama kata ini..mulailah pencarian di mbah google..
Dan inilah yang saya temukan..

“Androgini adalah sebuah konsep yang dikembangkan oleh Sandra Bem, seorang psikolog Universitas Stanford pada tahun 1974. Pada tahun 1977, ia mengeluarkan sebuah inventory pengukuran gender yang diberi nama The Bem Sex Role Inventory. Berdasarkan respon dari item-item pada inventory ini, individu diklasifikasikan memiliki salah satu dari orientasi peran gender: maskulin, feminin, androgini, dan undifferentiated.

Menurutnya, individu yang feminin adalah seseorang memiliki angka yang tinggi pada sifat feminin dan memiliki angka rendah dari sifat maskulin, individu yang maskulin adalah seseorang yang memiliki angka yang tinggi pada sifat maskulin dan memiliki angka yang rendah pada sifat feminin. Individu androgini adalah laki-laki atau perempuan yang memiliki angka tinggi pada sifat maskulin dan feminin. Individu undifferentiated memiliki angka yang rendah pada sifat maskulin dan femininnya.”

“Berdasarkan Sandra Bem, individu androgini lebih fleksibel dan lebih sehat secara mental daripada individu maskulin atau feminin. Dalam sebuah hubungan, gender feminin dan androgini lebih diinginkan karena mereka lebih ekspresif dalam sebuah hubungan. Sedangkan, individu dengan peran maskulin dan androgini lebih diinginkan dalam bidang akademik dan pekerjaan karena mereka memiliki tuntutan untuk bertindak dan asertif. Sebuah penelitian menemukan bahwa individu dengan peran maskulin dan androgini memiliki harapan lebih untuk bisa mengendalikan hasil dari usaha akademik yang mereka lakukan.

Seperti yang dikatakan Sandra Bem di atas, mereka bisa saja terlihat agresif atau penurut, memaksa atau lembut, sensitif atau asertif. Mereka bertindak sesuai dengan kebutuhan mereka dan sesuai apa yang dibutuhkan dalam sebuah situasi. Biasanya, orang kreatif dan cerdas cenderung androgini karena mereka lebih adaptif. Mereka berperilaku dalam cara yang lebih tepat sesuai dengan situasi yang diberikan. Misalnya, ketika mereka ditempatkan dalam sebuah situasi yang menekan, perempuan androgini lebih asertif dan independen daripada perempuan feminin.”

Haha. Menarik bukan?
Apakah saya termasuk androgini? Ga tau deh.

Banyak orang bilang saya feminine, tapi banyak juga yang bilang saya itu “keikhwanan” dan maskulin (dan yang bilang ini banyaknya cowo..parah! -__-“)
Dan saya sendiri merasa ada saat2 di mana saya sangat suka jadi lembut dan keibuan..ada saat2 di mana saya lebih suka jadi cewe tangguh.
Ada saat2 di mana saya sangat emosional dan berperasaan. Ada saat juga di mana saya jadi sangat koleris dan logis.
Ada saat2 di mana saya jadi merasa ramah dan manis..di saat lain jadi cool dan suka tantangan.
Haha. Penialain subjektif yaa.

Kalau dalam konteks peristiwa..

Saya ga suka orang manja. Mau cewe atau cowo. Kadang2 saya suka sebel sama cowo2 yang ga peka dan cekatan.he. Jadilah di saat2 seperti itu orang2 bilang saya jadi kayak cowo. Biasanya saya akan langsung melakuakan sendiri yang kata orang harusnya dilakukan cowo (yang peka dan cekatan). Ha..peristiwanya..ada lah pokonya.. :p
Di kosan.. saya juga jadi ayah dan ibu  haha. Maklum paling tua..mulai masang2 lampu mati sampeng dengerin curhat..(eh, atau malah saya yang curhat.ha)
Kalau peanampilan..bisa jadi sangat feminine..tapi juga bisa jadi maskulin..(maskulinnya akhwat ya tetep pake rok dan jilbab lah. Tenang aje)
Kalau dalam pengaturan strategis dalam pekerjaan lebih enak ngobrol atau ngomongin sama orang logis..dan cowo banget (walaupun aslinya cewe..kayak kakak saya mulki rakhmawati..kayaknya di contoh orang androgini deh..heran..di satu sisi lembut dan sangat wanita..di satu sisi sangat cowo! Tegas. Logis, Tepat, Cepat, Pemimpin dan saya merasa cocok dengan kepribadian seperti dia). Diskusi startegis sih enakan sama orang2 kayakn gini menantang. Taktis. Dan tepat sasaran. Dan di sini saaya juga jadi merasa sanagt cowo..
Saya suka pekerjaan2 membaut craft lucu2 yan tentu saja sangat cewe.. atau pekerjaan rumah lainnya. Tapi saya juga suka naik gunung, “balapan” motor di jalan (seru!), dan tertarik pada hal2 seperti memanah, dan seperti itulah..(well,saya juga cukup sering jdi tim angkat2 atau diminta bantuan di bidang2 “perkulian” huks)
Haha. Sulit dijelaskannya. haha.(penting ya??-_-“)

Apakah saya androgini? Ah. tidak taulah.Belum gitu ngerti juga androgini itu sebenarnya apa.. Yang pasti intinya..saya suka menjadi orang yang fleksibel..sesuai situasi yang dibutuhkan..menghadap orang dan situasi dengan tepat. Tentunya tetap syari ;)
Androgini atau tidak? ah itu istilah…sama seperti kata aneh yang sering mampir dalam komentar untuk saya..
Oh, weird me! Hahaha.

Kesera..sera..whatever will be..will be.. jadi apapun juga yang penting syari dan bermanfaat.
Proud be ourselves!

*saya jadi merasa kakak saya bernama mulki rakhamawati itu termasuk androgini. Haha. Pantas saja...hei, kak…tukang kebunku nanti seperti apa ya? ;p*




3 comments:

  1. kalo androgini laki berwajah seperti wanita, kalo wanita berwajah seperti lelaki namanya apa gan?

    ReplyDelete