Friday, April 27, 2012

Capture and Share #1



Taraaaa.. Hello world! :D

Lama tidak menulis di sini..ada banyak perjalanan yang ingin saya share kan sebenarnya.. 
Tapi, yaaaa begitulah beberapa waktu terkahir menulis di sini jadi tidak masuk prioritas…haha. Dasar ga konsisten -___-“
Berhubung lagi niat nulis sembari mengerjakan pekerjaan lainnya..
Ada beberapa inspirasi yang ingin saya sharekan kepada teman2..walaupun sedikit namun semoga cukup berarti ;)

Maha Suci Allah yang memberikan saya kesempatan ketiga kalinya berbagi dalam sebuah kajian remaja di suatu daerah walaupun bukan daerah saya sendiri.. Dua kali di daerah kosan untuk remaja putri dan satu lagi putra dan putri di daerah Gunung Kidu *haha. Jangan tanya kenapa saya bisa nyampe ke sebuah desa di gunung kidul*
Dari tiga kali kajian remaja itu temanya ga jauh2 tentang remaja bangeeeet. Pergaulan remaja, Psikologis remaja, yah semacam itulaaah. Yang terakhir malah tentang Jilbab gaul tapi syari (emang ada???)

Sebenarnya..saya jauh lebih banyak belajar dari mereka..dari peristiwa2 itu…

Subhanallah, melihat adik2 ini seperti mengingatkan saya pada masa ‘muda’ saya dulu…*serasa udah tua (eh, apa emang udah tua? )
Saya yang dulu waktu zaman2 SMP atau mungkin awal2 SMA masih belum berjilbab. Masih juga “polos” seperti mereka atua juga kadang2 jadi para galauers. Ha. ckck.

Bertemu mereka pula membuat saya bersyukur.. Allah benar2 baik, untuk memberikan kesempatan untuk saya menjemput hidayah-Nya sebelum waktu saya habis di dunia..bersyukur…bersyukur sekali…Allah sangat baik menghadiahkan kepada saya lingkungan yang mendukung saya untuk semakin mendekat pada-Nya..sungguh2 bersyukur untuk banyak peristiwa yang saya rasa saya jauh lebih beruntung dari adik2 muda di hadapan saya :)

Seorang adik yang sekolah di sekolah katolik dankemudian sering dihadapi diskusi2 keagamaan dalam keadaan dirinya belum siap dan tidak tahu harus bercerita ke mana..
Atau adik yang lingkungannya belum mendukungnya menutup auratnya secara sempurna..

Tidak semua dari mereka mungkin emndengarkan kita dengan sungguh2..Tapi tidak masalah..Setiap usaha kebaikan dapat bernilai ibadah dan selalu punya dua kemungkinan..berhasil atau tidak.. Tapi ga ada usaha cuam ada satu kemungkinan. FAILED.

Berbagi dengan mereka..
Membuat saya semakin sadar bahwa Pemuda-pemuda inilah yang sungguh2 akan menjadi generasi penerus (PELURUS) bangsa dengan kokhnya iman, indahnya akhlak, dan kecakapan kompetensi..

Maka membersamai mereka untuk menjadi generasi2 emas tersebut di mana pun.. di kota, di pelosok2 dareah adalah sesuatu yang penting dilakukan dan membahagiakan ;)

YA. MEMBAHAGIAKAN ^^

Coba saja…berbagi kebaikan pada siapapun itu sungguh membaut hati senang dan tenang.

Ada satu lagi hikmah saat saya berkunjung ke Gunung Kidul.. tepatnya Desa Beji..
Wilayah yang masih sangat asri…hujau di mana2..dan sangat gelap gulita di tengah malam ga ada lampu jalan.. desa di bawah gunung..
Saya sungguh sangat terharu..sangat bangga dengan teman2 saya yang meskipun mereka sudah kuliah ‘jauh’. Mereka tidak lupa untuk kembali membangun desanya  membagikan cahaya Allah yang dia didapatkan di kota tetangga..
Mendapatkan cahaya setelah hidup selama 15 tahun di sebuah lingkungan yang belum ‘sholat’, membuatnya bermimpi membangun kembalai desanya..

Ah, saya sungguh bangga (mungkin juga iri) pada mimpinya, pada usahanya..di saat teman2 lain di desanya yang telah menuntut ilmu di ‘negeri’ lain, belum terketuk hatinya untuk melakukan usaha2 ini.. masih menyempatkan pulang untuk mengurus kajian remaja mesjid.. atau kajian ibu2 di desa..

Salim A. Fillah bilang..
Bekerjalah maka Keajaiban..
Seperti pada firman Allah..
Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, Maka Allah dan Rasul-Nya serta orang2 mukmin akan melihat pekerjaanmu itu (at-Taubah: 105)

Sungguh niat tulus dan usahanya ini akan terjawab pada masanya.. insyaAllah..
*heeemm.jadi mikir..wakru pulang ke bogor…aku ngapain ya di kompleks perumahan -____-“*

Jadi ingeet juga marotibul amal..
Setelah keluarga…orang2 terdekat yang kita bina bersama adalah masyarakat sekitar kita…pemudanya…orang tuanya..lingkungannya..
:)

Kalau teman2 kita sudah semangat berbagi..kapankah giliran kita?
Tidak perlu menunggu…proposal pengabdian masyarakatmu diterima..atau kamu ngerjain proker tertentu di lembaga.. mulaialah sekarang..dari hal yang kecil..dari diri sendiri..
Siap berbagi?
Siap menginspirasi?
Siap membangun peradaban dunia?
Bismillah ;)

*terimakasih. terimakasih sekali karena kalian, adik2ku sayang selalu jadi cahaya energi baru ;) adik2 remas beji, adik2 tetangga kosan, atau adik2 yang telah lama tidak berjumapa namun tetap di hati..adik2 sejahtera studi club, adik2 TPA Ar Rahman *kangen akut*, adik2 desa baksoswil, adik2 keluarga PSDM BEM, HIMPASI, SIM, asik2 rangers ceria, adik2 ideologi sdan semua adik yang selalu saja menghadirkan senyum2 baru..dan tentu saja adik saya tercinta M. Irfan Rasyid.. Kalian menyadarkan saya..bahwa menjadi pendidik adalah passion yang selalu memubua saya menikmati prosesnya bagaimanapun itu..terimakasih*

1 comment: