Wednesday, September 5, 2012

berjilbab itu..



Nyapa dulua aaah..
Assalamu’alaykumWrWb..

Tanggal 4 sepetember kemaren Internasional Hijab Solidarity Day jadi trending topic gitu di dunia maya.. saya berharap ini juga jadi “trending topic” di dunia nyata..maksudnya semakin banyak muslim yang menyadari betapa berjilbab itu keren! Bahwa PERINTAH Allah untuk menutup aurat ini sangatlah memuliakan wanita..Dan pada akhirnya yang belum berjilbab jadi berjilbab, yang sudah berjilbab semakin “berjilbab”.. :)

Saya ga akan bahasa asal muasal IHSD ini.. temen2 bisa baca di sini atau kalau kurang puas..tinggal klik klik sumber yang lain..

Hmm..saya cuma jadi ingat..ternyata saya baru pake kerudung selama kurang lebih 6 tahun.. pas banget waktu bagi rapor kelas 1 SMA.. *huks. Saya jadi terharu mengingat betapa baiknya teteh2 SMA saya waktu itu..nyemangatin saya, minjemin baju batik panjang, ngasih rok SMA, baju panjang,dll. Rabb, semoga kebaikan mengalir berlimpah untuk mereka*

hemm..terlambat sih..tapi Alhamdulillah Allah masih ngasih kesempatan buat menjalankan perintahnya ini.. bayang pun! Kalau dulu zaman Rosulullah SAW.nih..para shohabiah langsung pada ‘narik’ apa pun yang bisa dipake buat nutup aurat waktu perintah ini turun.. tanpa PENUNDAAN. Dan saya dengan sombong dan songongnya melakukan penundaan dengan pikiran dudul anak muda “gw mau kerudung ah..tapi ntar aja deh pas kelas 2 mau nyobain pake rok SMA pendek dulu..”

Bzzzzztt --___--“
percayalah, pake rok SMA pendek itu rasanya biasa aja..

dan percayalah berjilbab itu menentramkan :)

Kok bisa?
saya juga ga tau ya kenapa..
eh, kalian pernah ngerasain ga sih digangguin di jalan, di pasar, dll sama cowo2 iseng-iseng..mulai cuma manggilin “cewek..cewek..” atau hal-hal yang lebih ekstrim yang males saya tulis..pernah kan yaa..#maksa.
semenjak saya ke klinik tong mang..eh, maksudnya saya berjilbab Alhamdulillah..entah niat iseng apa ga.. tapi setidaknya isengnya juga sebuah doa “assalamu’alaykum”

berjilbab (ini juga berarti menutup aurat dengan rapi..ga pake yang ketat dan tipis) itu rasanya jadi lebih aman dari pandangan yang tidak berhak.. hiiiy.. well, saya ga perlu jelasin psikologi cowo kan ya.. tapi betapa saya sih ga rela bahkan cuma mampir sedetik dalam imaji-imaji ga jelas..*jadi serem*

well, saya ga mau komen banyak tentang demo2 zaman kapan tau yang bilang kalau kejahatan seksual di angkota, jalan2 itu bukan gara2 rok mini atau pakaian seksi yang dipake tapi otak2 cowo aja yang pada ngeres..
*udah tau gitu, nyari resiko.hoo*
Saya lebih suka kata2 bang napi.. kejahatan bukan hanya terjadi karena niat si pelaku tapi juga karena ada kesempatan”

dan percayalah berjilbab itu menjaga.

“duh..belum siap nih pake kerudung..gw belum baik”

terus ada yang ngejamin, masih ada detik yang tersisa saat kita ngerasa kita udah cukup baik..
he. Begini sis.. ada yang terbalik dari logika berpikir ini sepertinya..lebih asik kalau jadinya gini..
“gw belum baik, makanya gw akan membaikan diri dengan berjilbab”.
jilbab itu identitasnya muslimah.. jadi sebenernya pemikiran ketika berjilbab kita seharusnya bisa menampilkan akhlak yang baik sebagai seorang itu ga salah.. dengan seperti itu..jilbab kita jadi ga cuma selembar kain penutup..menjadi sangat berharga dan menjaga..jilbab yang senantiasa menjadi motivasi dan pengingat kita menjadi muslimah yang baik..merasa malu sama ALLAH..menjaga kita dari kebiasaan atau sifat buruk kita.. misalnya..”eh, gw kan berjilbab, masa ghibah…” “eh, gw kan berjilbab, masa nyontek kalau ujian”.. dll..

Berjilbab justru adalah sebuah kesempatan emas untuk berproses menjadi baik itu sendiri.

kalau ngerasa belum baik, berjilbablah! Kalau ngerasa udah baik, ya jelas lah berjilbab! :)

dan segala macam alasan yang membuat ragu untuk berjilbab..sebenarnya sudah terjawab utuh dengan firman-Nya..

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnyake seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS.Al ahzab:59)

Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (QS. An Nur :31)

Saudariku, Siapa mau disayang Allah??
kalau jawaban kamu MAU..
tunjukan jawabanmu dengan melaksanakn perintah-Nya
ayo BERJILBAB! :D

Dan semoga Allah memudahkan kita semua di jalan kebaikan jika pun itu terasa sungguh-sunguh tak mudah dan berat bagi kita.. dengan cahaya-Nya..kekuatan-Nya, cinta-Nya.. yang begitu dekat..begitu nyata..

Wassalamu’alaykumWrWb.
Salam manis penuh semangat kristal violet! Yeah!:D

*pernah nulis tentang jilbab juga di sini

No comments:

Post a Comment