Sunday, November 25, 2012

yang selalu membuat saya "iri"



ada orang yang "iri" dengan temannya yang bisa "jalan-jalan" ke luar negeri gratis.. untuk belajar.. atau mengikuti suatu agenda positif.. tentu saja itu baik untuk memotivasi kita belajar.. meniru mereka..fantashiru fil ardh..yah dengan apapun alasannya..dari yang mulai keren2an..sekedar mau tau dunia luar.. atau sungguh2 BELAJAR..

ada orang yang "iri" dengan temannya yang populer.. entah karena cantik atau tampan..karena punya banyak rentetan daftar prestasi.. karena berkecukupan..karena pemimpin lembaga.. karena pintar.. atau apapun yang membuat populer.. itu juga baik..jika dalam rangka memoyivasi diri bukan tidak bersyukur..

tapi saya tidak tahu mengapa.. sampai hari ini.. saya belum pernah lebih gemetar..sebut saja "iri"..lalu saya menjadi amat malu.. atau yah..saya sulit menjelaskan bagaimana perasaannya..

ketika melihat..
seseorang sedang membagikan ilmunya bagi yang lain.. sedang membina.. sedang menyalakan cahaya-cahaya meskipun ia sendiri..meskipun ia belum sempurna.. meskipun banyak keterbatasan..

mungkin dia punya sederet prestasi..mungkin dia juga punya banyak kelebihan lainnya.. tapi cahaya ini punya daya pikat yang lebih untuk saya,,

melihat teman SMA saya mengajarkan teman2 sekelas fisika utnuk ujian nasional..
melihat teman saya menemani adik2 di lembaganya untuk membuat tulisan..
melihat mereka yang mengajarkan A BA TA pada adik TPA..
melihat dia dengan senyumnya mengumpulkan orang2 untuk menyebarkan kebaikan..
melihat guru-guru yang tulus.. yang sungguh-sungguh mengajar begitu sabar menjelaskan..
melihat mereka menyiapkan dengan baik materi untuk membina..
melihat mereka yang mengajar mungik tanpa digaji..

kelihatan sederhana kan..
tapi..
saya tidak tahu mengapa..
bagi saya..
pekerjaan ini selalu membuat saya "iri".. selalu membuat saya malu untuk tidak berbagi.. bahwa ilmu ini bukan milik sendiri.. bahwa selalu harus ada generasi yang lebih baik..

saya selalu gemetar melihat mereka yang mampu mencahaya bersama dibanding mereka yang melesat sendiri..

ah ya!
selamat hari guru..
bukankah kita semua bisa menjadi guru?
guru yang baik untuk diri kita sendiri..
adik kita..
sodara-sodara kita..
teman2 kita..

guru dengan teladannya..
dengan inspirasinya..
dengan semangatnya..
dengan keihlasannya..

semoga menjadi investasi akhirat :)

luruskan niat. MENCAHAYALAH!

2 comments:

  1. segera pulang ke Bogor sana. katanya mau buat sekolah...

    ReplyDelete
  2. tetplah mencahaya kristal sahabatku...
    #erny ratna

    ReplyDelete