Wednesday, January 18, 2012

kulit manggis..oh..kulit manggis..


Beberapa waktu ini dan bertambah-tambah semenjak kemarin, saya sedang sangat exited tentang suatu hal. Sampe kebawa-bawa mimpi -.-“ Ha..
Dan ini sama sekali ga ada hubungannya sama skripsweet yang manis kayak lolipop itu..
Mau tau tentang apa?
Eng ing eng… KULIT MANGGIS!

Heh? Kulit manggis? Ada apakah gerangan dengan kulit manggis?

Ini semua berawal dari study club di suatu sore di porsima..saya yang datang dengan niat mau belajar..ternyata malah diminta ngebimbing adik2..(resiko udah ‘tua’ di kampus). Tema sore itu –sepertinya- mencari dan menganalisis ide.. berhubung PKM DIPA bentar lagi jugaa.. sekalian lah..
Waktu itu sebenarnya saya lagi penasaran dan tertarik banget sama bunga kamboja..Berhubung kosan saya sangat dekat dengan komplek pekuburan cina yang cukup panjang dan di kuburan cina ini kamboja putih tumbuh subur dan cantik. Penasraan saya bertambah-tambah ketika melihat seringnya penduduk sekitar menjemur kamboja..saya heran itu buat apa. Setelah saya selidiki..ternyata si kamboja putih nan cantik itu punya banyak manfaat dari akar batang, daun, dan bunganya..salah satunya si putih itu bisa dijadikan semacam teh setelah dikeringkan.. menurunkan demam..pingsan karena kepanasan..dan bisa juga jadi aromaterapi..(udah pernah dibuat lilinnya loh sama anak teknik kimia UNS..anti nyamuk juga..

Karena ketertarikan saya itulah saya mengusulkan pada adik di kelompok saya tentang pemanfaatan kamboja itu.. setelah diskusi panjang.. kita malah beralih topik sama kulit manggis..
Ini gara2nya salah satu adik saya suka dipaksa minum jus kulit manggis sama ibunya..katanya bisa mencegah kanker..hueks..tapi bisa kalian bayangkanlah rasanya kayak apa -.-“
Akhirnya dicarilah beberapa literatur tentang si kulit manggis…

Subhanallah..
sesungguhnya Allah tidak pernah menciptakan hal yang sia2.
(dan alam sungguh menjadi bukti kekuasaan-Nya)
Setelah banyak membaca..ternyataaa..

Di dalam kulit manggis terdapat makro molekul Xanthones yang merupakan gabungan dari 40 jenis molekul antioksidan. Berbagai penelitian juga mengungkapkan bahwa beberapa xanthones mempunyai fungsi aktif sebagai anti kaker, antibakteri, antijamur, dan antivirus..

Moongkardi P. Departemen Mikrobiologi, Fakultas Farmasi, Mahidol University, Thailand. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ekstrak kulit buah Manggis memiliki efek kuat dalm mencegah penyebaran sel kanker, antioksidan yang potensial dan induksi apoptosis. Hal ini mengindikasikan bahwa zat tersebut memiliki beragam khasiat dan sangat berpotensi dalam pencegahan kanker.

Sebuah penelitian di Singapura menunjukkan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan antioksidan pada rambutan dan durian. Xanthones tidak ditemui pada buah-buahan lainnya kecuali pada buah manggis.

Dan lain2nya yang banyak banget… (cari di mbah google aja deh yaaa..hahahaha)
Dan dibandingkan dengan kandungan antioksidan pada buah-buahan lain kandungan antioksidan manggis kedua terbesar setelah buah wolfberry yang tumbuh di daerah tertentu di Cina. Nilainya mencapai 17.000—20.000 ORAC per 100 ons (sekitar 2.835 g kulit), lebih besar dari wortel dan jeruk yang kadarnya hanya 300 ORAC dan 2.400 ORAC. ORAC yang merupakan kependekan dari Oxygen Radical Absorbance Capasity adalah kemampuan antioksidan menetralkan radikal bebas.

Itulah mengapa saya jadi exited banget sama buah yang satu ini..
Sebenernya udah ada sih yang buat semcam sari atau ekstraknya gitu..tapi cukup mahal…
dan sekarang saya dan kedua adik saya itu on progress nyoba2 bisa dibuat apa tu kulit manggis…

Syukurnya keluarga saya ga ribet liat anaknya ini ribet..hee..ibu saya nan baik hati langsung ngebeliin manggis plus bawain buku dari perpusnya waktu saya bilang tentang hal ini..Alhamdulillah..

Sama mana prosesnya?
Masih dalam penjemuran…karena memang cuacanya sedang mendung2 gitu..jadi kurang optimal..kayaknya ntar di oven ajaa..

Buat apa dijemur?
Nantinya akan dirajang untuk dijadikan tepung kilit manggis..selanjutnya bisa diekstrak xanthone nyaa…
Atau saya mau jadiin campuran cokelat atau dijadikan lulur..

Bagaimana hasilnya?
Tunggu kelanjutannya ya sodara2 :D
Mohon doanya^^

No comments:

Post a Comment