Tuesday, February 14, 2012

Puan Basama


Anak perempuan kelas 2 SD itu meloncat ke pangkuanku sambil memelukku erat..tepat setelah aku menanyakan kehadirannya pada seorang teman. Puan, ia mengenakan busana muslim biru muda sore ini..masih memeluk erat…aku pun memeluknya erat..
Ini pertemuan pertama kami setelah lama sekali tidak mengajar di TPA ini..
Anak manis itu melepas pelukannya..menatapku dengan binar mata yang ceria dan senyum lebar seperti biasa…

“hey, ini siapa coba?”
“ mba citraaaaa”

Dia memelukku lagi..
Tak lama kemudian dia bangkit..lari ke balik punggungku..mencubit pipiku dari belakang..
Ah, anak ini tak berubah selalu saja “interest” dengan pipi ;)
Kemudian dia kembali lagi kepangkuan sebelum akhirnya berlari ke sana- kemari sama seperti yang lain..
Mesjid ini tak berubah..seuasana TPAnya semuanya..
Walaupun dengan banyak tambahan adik2 baru yang manis2..
Selalu suka. Suka dan haru melihat anak2 ini..
Ada rasa yang tak bisa dijelaskan melihat mereka bisa mengaji dan bertambah baik dari hari ke hari..
Ada sesuatu yang sulit diungkapkan dan membuatku mampu tersenyum seharian penuh melihat tingkah mereka..
Selalu suka.
Anak2 selalu mengajarkan banyak hal.

Anak manis biru muda itu kembali datang setelah aku selesai membimbing bacaan iqro beberapa anak lainnya..
Kembali ke pangkuanku..memelukku lagi..kemudia menatapku..

“Mba citra ga tau ya ibuku meninggal?”

Aku menatapnya…
*tau, sayang..tentu aku tau(dalam hati)*
Aku tau anak manis ini baru saja kehilangan ibunya..anak manis ini dan kakan perempuannya yuang juga berada di TPA itu..

“tau kok :) puan sedih ga?” *plak! Pertanyaan bodoh -.-“ saking ga tau mesti ngomong apa.
“ya sedih lah mbaaaaaa..masa ga sedih”*semakin membuktikan pertnyaanku tadi amat bodoh*
“iyaaa.. tapi kan ada ayah..masih ada mba citra..ada mba vivi..”
“ya udah mba citra di rumahku ajaaa”
“sekarang memang puan tinggal sama siapa aja?”
“sama ayah, sama sodaraaaa..”
“tuh kan ^^ jadinya tetap ramai”

Ia menatap ku lagi mengangguk perlahan, memelukku lagi, bangkit dan berlari-lari..

Adik, yang kuat yaaa ;)
Jadi anak sholeh yang cerdas..
Aku bangga jadi kakakmu ..
Selalu begitu ;)

*senang sekali ke TPA hari ini.senang.senang.senang.peluk semangat semua adik*^^
*tahukah? saat seorang anak kecil, adik, memelukmu dengan begitu erat.hatimu akan luluh seketika.aku merasakan sesaat menjadi ibu juga kakak yang sungguh sangat mencintai anak atau adik itu.:)*

No comments:

Post a Comment